Tips Berhemat di Kalangan Mahasiswa

Bagi beberapa mahasiswa yang mandiri pasti berfikir untuk meringankan beban orangtua tentu banyak pengeluaran untuk beli buku, foto kopi, jilid atau bahkan untuk uang semester dan lain sebagainya, belum lagi kalo yang rumah nya jauh dari kampus butuh untuk nge kos , nambahin pengeluaran lagi. Tentu masalah ini sangat sering di hadapi bagi setiap mahasiswa.
Berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa di terapkan agar sedikit meringankan beban orang tua.
1. Menabung
Menabung adalah hal yang sering di biasakan oleh orang tua terhadap anaknya sejak kecil agar membiasakan anaknya untuk tidak boros. Saat ini banyak tempat untuk menabung, bisa menggunakan celengan, simpan di bank atau mungkin hanya di simpan di dalam dompet untuk yang bisa menahan keluarnya uang dengan jumlah besar. Atau menyisih kan sebagian uang jajan untuk di tabung.

2. Puasa senin-kamis
Bagi yang beragama islam tentu paham tentang puasa sunnah ini, selain melatih kesabaran puasa juga dapat membantu dalam berhemat.karena dengan berpuasa ini, kita tidak akan mengeluarkan uang kita untuk makan siang jadi bisa disimpan untuk keperluan yang lain.

3. Bawa bekel
Untuk para mahasiswa bawa bekel mungkin terasa aneh , tapi bahkan dengan membawa bekel akan lebih hemat di bandingkan dengan membeli makan di luar . karna akan menguras dompet kita. Dan makanan yang di makan juga lebih terjamin.

4. Part time
Buat yang mau kerja juga bisa cari waktu luang untuk part time , supaya bisa bantu-bantu sedikit tapi harus tetap seimbang antara kerja dan kuliah.

5. Gak usah ikut-ikut teman
Kebanyakan dari sekian banyak mahasiswa terutama mahasiswi sering ikut-ikutan temen, saat ada uang untuk di simpen tiba-tiba temen ngajak pergi , al hasil ludes uang untuk di tabung dan malah ngeluarin uang lebih. Padahal di hati ngedumel gak mau ikut tapi gak punya pendirian dan takut ngomongnya, di biasakan bisa mengutarakan pendapat. Kan sudah mahasiswa.

Mungkin sekian tips dari saya, semoga bermanfaat. Ambil yang positif abaikan yang negatif. Terimakasih sudah membaca blog ini. Apabila ada kata yang salah mohon di maklumi karena di sini saya hanya berbagi dan belajar , jika ada tambahan atau kritik saya terima dengan senang hati. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s