Analisis Pembangunan Daerah

Artikel :

Pembangunan jalan Trans Kalimantan sebagai bagian dari proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), saat ini hampir rampung pengerjaannya. Dari total keseluruhan jalan sepanjang 3.188,10 km untuk lintas selatan, sekitar 2.000 km lebih jalan merupakan bagian dari MP3EI. Rencananya proyek ini akan rampung secara keseluruhan pada tahun 2014 mendatang.

Kondisi jalan mulai dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah sudah hampir selesai. Pengaspalan dan penyediaan bahu jalan pun sudah dilakukan. Di samping itu, di wilayah Kalimantan Barat, sekitar 44,4 km menjelang perbatasan Kalimantan Tengah, sudah terdapat jalan tanah dan bisa dilalui oleh kendaraan umum. Hal serupa pun terjadi mulai dari perbatasan Kalimantan Barat sampai sepanjang 22 km memasuki kawasan Kalimantan Tengah. Artinya, secara keseluruhan ada sekitar 66,4 km jalan yang belum dilakukan pengaspalan. Akibatnya, karena ruas jalan ini sudah mulai dipakai sebagai jalur transportasi umum, puluhan kendaraan besar dan kecil terpaksa harus melintas di jalan tanah yang becek dan licin. Jika dibiarkan berlarut-larut tentunya hal ini dapat merusak kondisi jalan yang sebelumnya sudah mulai ditata dan dilakukan pengerjaannya.

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional VII, Kementerian Pekerjaan Umum, Subagio, menuturkan hingga saat ini proyek pengerjaannya masih berlangsung. Subagio menyebutkan bahwa separuh dari total jalan yang belum diaspal tersebut akan rampung dalam tahun ini, sementara sisanya akan diselesaikan pada tahun 2013 mendatang. “Jika tidak ada kendala dan hambatan biaya, kita pastikan pada tahun 2013 ruas jalan untuk poros selatan akan rampung seluruhnya,” tambahnya.

Walaupun demikian, Trans Kalimantan sebagai penghubung kota-kota di Kalimantan belum dapat berfungsi maksimal jika tidak didukung dengan pembangunan jembatan yang dapat menghubungkan wilayah yang terpisah oleh sungai-sungai besar yang ada, seperti Sungai Kapuas, Sungai Barito, dan Sungai Mahakam. Pasalnya meski dapat melaju mulus di wilayah darat, beberapa kota di sana masih harus dilalui dengan cara menyeberangi sungai yang ada dengan menggunakan jasa kapal feri. Para pengguna jalan terpaksa harus mengantre beberapa jam untuk menunggu giliran menaiki kapal feri.

Saat ini, jalan Trans Kalimantan lintas selatan yang melintasi Kalimantan Barat juga masih terputus oleh adanya sungai Kapuas yang lebarnya kira 1.143 m di wilayah Kecamatan Tayan. Sampai saat ini jalur transportasi di wilayah tersebut masih harus dilalui dengan menggunakan jasa feri. Terkait dengan itu, Subagio menyebutkan, “untuk menyempurnakan proyek pembangunan Trans Kalimantan, pihaknya akan membangun jembatan Tayan dengan panjang 1.420 m.”

Nantinya akan terdapat dua jembatan dengan panjang masing-masing 280 m dan 1.140 m. “Kedua jembatan tersebut nantinya akan melintasi pulau Tayan yang berada di tengah Sungai Kapuas,” ujarnya. Ia menambahkan, Jembatan Tayan akan menjadi jalur utama lintas selatan yang menghubungkan Kota Tayan dengan Paisak, Kabupaten Sanggau. Ia juga berharap, selain menjadi akses utama lintas selatan, jembatan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat provinsi Kalimantan Barat khususnya di pulau tersebut.

 

 

Analisis :
Secara umum, pembangunan jembatan ini akan meningkatkan fungsi lintas selatan Kalimantan secara optimal. Selain itu, jembatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan transportasi darat yang akan mendukung pengembangan wilayah, perkembangan ekonomi, sosial dan budaya. Selain pembangunan jembatan besar ini, nantinya juga akan dilakukan pembangunan serta perbaikan puluhan jembatan kecil yang berfungsi untuk menyeberangi sungai dan rawa. Rencananya pembangunan jembatan secara keseluruhan akan rampung pada tahun 2014.
 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s